Saturday 8 September 2018

Daftar Negara-Negara Eropa Yang Menggunakan Mata Uang Euro







Rencana mengelilingi Eropa dengan visa schengen (lihat cara mengajukan visa schengen) sudah di tangan, nah tinggal menukar mata uang euro nih….. Tapi Negara Eropa mana sajakah yang memakai mata uang Euro ? Negara yang bisa dikunjungi dengan visa schengen belum tentu memakai mata uang euro sebagai mata uangnya loh.

Negara-negara yang termasuk dalam area Schengen adalah:
Austria – Belgium – Czech rep – Denmark – Estonia – Finland – France – German – Greece – Holland - Hungary – Iceland – Italy – Latvia – Liechtenstein – Lithuania – Luxemburg – Malta – Netherlands – Norway – Poland – Portugal – Slovakia – Slovenia – Spain – Sweden – Switzerland

Sedikit info mata uang euro yang disimbolkan dengan €, dan kode internasional dari mata uang ini adalah EUR. Adapun bank sentral dari mata uang euro adalah European Central Bank. Dan uang euro adalah mata uang Uni Eropa, yaitu sebuah organisasi perkumpulan antar negara-negara di benua Eropa. Euro sering dianggap sebagai mata uang Eropa, namun faktanya tidak semua negara di benua Eropa menggunakan euro sebagai mata uangnya.  Kebanyakan memang menggunakan euro, namun ada juga negara lain yang menggunakan mata uangnya sendiri.

Contoh mata uang selain euro di Eropa adalah : Pound Sterling (Inggris), Kroner (Norway, Denmark, Faroe Islands, Greenland), Ruble (Rusia dan Belarusia), Swiss Franc (Swiss & Liechtenstein), Leu (Romania), Lira (Turki), Lek (Albania), Dram (Armenia) dan lain-lain. Memang pada dasarnya sebagian besar negara di benua Eropa menggunakan euro sebagai mata uang resmi dalam bertransaksi. 


 Kroner Norway




Negara Uni Eropa Yang Menggunakan Mata Uang Euro
Terdapat 19 negara dari total 28 negara anggota Uni Eropa yang tercatat menggunakan Euro sebagai mata uang resmi negara, yaitu :

1.    Austria
2.    Belanda
3.    Belgia
4.    Estonia
5.    Finlandia
6.    Irlandia
7.    Italia
8.    Jerman
9.    Latvia
10. Lithuania
11. Luxembourg
12. Malta
13. Portugal
14. Prancis
15. Cyprus
16. Spanyol
17. Slovakia
18. Slovenia
19. Yunani


Negara Non Uni Eropa Yang Menggunakan Mata Uang Euro
Selain anggota Uni Eropa, ada juga negara yang tidak tergabung dalam Uni Eropa  tetapi menggunakan mata uang Euro, yaitu :

1.    Kosovo
2.    Montenegro

Negara Mikro Yang Menggunakan Mata Uang Euro
Ada juga Negara mikro atau microstate (Negara berdaulat kecil) di benua Eropa yang menggunakan mata uang euro, yaitu:

1.    Andorra
2.    Monaco
3.    San Marino
4.    Vatikan City





Dan negara-negara yang tergabung dalam dalam Uni Eropa tetapi tidak menggunakan mata uang euro adalah:

1.    Bulgaria – Lev
2.    Kroasia – Croatia Kuna
3.    Czech – Republic Koruna
4.    Denmark – Kroner
5.    Hungaria – Forint
6.    Polandia – Zloty
7.    Romania – Leu
8.    Swedia - Krona
 




Croatia Kuna

Nah itulah Negara-negara Eropa yang menggunakan euro sebagai nilai tukar resmi. Dan Negara –negara yang tergabung dalam Uni Eropa tetapi tidak menggunakan euro sebagai mata uang resmi





 HAPPY TRAVELING......

No comments: