Thursday, 19 May 2016

Negara Eropa Tanpa Perlu Visa Schengen Bagi WNI








Akhir-akhir ini wisata ke benua Eropa semakin digandrungi, tetapi untuk mendapatkan visa Schengen tidaklah mudah. Tetapi jangan kuatir, ada loh negara di Eropa yang dapat dimasuki pemegang passport WNI tanpa ribet urusan visa Schengen. Negara mana saja ?



Armenia

Salah satu negara pecahan Uni Soviet ini ternyata hanya butuh visa on arrival untuk maksimal 120 hari kunjungan. Mungkin belum banyak yang tahu terletak dimana negara bekas Uni Soviet ini, dan apa saja yang bisa dinikmati di negara ini. Negara yang berbatasan dengan Azerbaijan, Georgia, Iran, Turkey, dan Nagorno-Karabakh ini lebih tepat berdekatan dengan Asia dan Eropa. Perkembangan wisata Armenia sedang giat-giatnya berkembang, sama seperti ekonomi negara ini yang semakin naik. Dan salah satu negara yang masuk babak final di Eurovision 2016 (Lomba nyanyi se Eropa).

Ibukota Armenia adalah Yerevan, suatu kota dari abad pertengahan dengan bangunan medieval yang indah. Tempat yang dapat dikunjungi di yereven seperti: Cascade, Republic Square.  Keluar dari ibukota, anda dapat mengunjungi Geghard Monastery dan Upper Azat Valley yang masuk dalam daftar situs warisan dunia UNESCO. 


 The Cascade (Flickr Marishka.K)




Geghard Monastery (flick Marco.F)


Dan bagi anda yang suka berpetualang mungkin bisa explorasi Debed Canyon hingga ke Haghpat monastery dan Sanahin. Kompleks monastery dari abad pertengahan, yang juga masuk dalam daftar situs warisan dunia UNESCO. 
Dan jangan lupa kunjungi juga Khor Virap dengan pemandangan pegunungan yang berselimutkan salju nan cantik. Dan desa Garni yang indah dengan biara dari abad pertama. Serta Tatev Monastery, sebuah kastil yang dibangun 1 km diatas tebing nan curam. Kastil dengan arsitektur yang memukau ini dibangun antara tahun 895 -906 sesudah masehi.





 

 Garni Temple (TL)


Tatev Monastery (Joneshannah978)





Belarusia

Visa tetap dibutuhkan untuk pergi ke Belarusia, tapi akan langsung dikeluarkan begitu sampai di Minsk Internatioan Airport jika dokumen pendukung telah diserahkan minimal 3 hari kerja sebelum tanggal kedatangan.

Belarusia juga salah satu negara pecahan dari Uni Soviet yang berbatasan dengan Latvia (utara), Lituania (barat laut), Polandia (barat), Rusia (utara dan timur), dan Ukraina (selatan). Di kota Minsk terdapat banyak tempat-tempat yang menarik untuk dikunjungi, seperti Victoria Square, perpustakaan nasional dengan bangunan yang cukup unik, gedung KGB, Maksim Gorky Park.

Diluar dari kota Minsk ada Kastil Mir, 90 km dari ibukota Minsk. Kastil  abad-16 yang bergaya Gothic, Baroque dan Renaissance ini bagaikan kastil dalam dongeng yang mencuat dari dalam kota. Warna merah bata yang cukup menyolok dengan Menara yang cantik, siap menggoda para pengunjung.

Selanjutnya Kastil Nesvizh, kastil dari abad pertengahan yang bergaya Baroque renaissance ini berdiri dengan anggun dengan sejarah yang cukup panjang. Kastil ini masuk dalam daftar warisan dunia UNESCO pada tahun 2004.



 Victoria Square (Lucas KT)



                    Kastil Nesvizh (Nat Shukova)





Nah itulah dua negara Eropa yang dapat dikunjungi pemegang passport WNI. Merasa belum cukup hanya dua negara ini dan pengen mengelilingi negara-negara Eropa lainnya? Nih trik dan cara mengurus visa Schengen sendiri

Dan bagi teman-teman yang tidak mau ribet urusan visa, nih 56 negara dapat dikunjungi tanpa visa bagi warga Indonesia.



Happy Traveling.... 

Ngetrip kemana lagi ya...

No comments: