Monday, 9 February 2015

SURGA BELANJA DI PARIS






Sebagai kota mode dunia, Paris menawarkan banyak tempat berbelanja, mulai dari butik kelas dunia dengan harga wah, hingga barang murah meriah.
Bagi orang Perancis sendiri, waktu yang tepat untuk belanja adalah pada saat Solde atau Sale, karena pada saat itu akan digelar diskon besar-besaran, hingga 80%. Adapun saat sale diadakan dua kali dalam setahun, yang jatuh pada bulan Juli untuk Summer Sale dan bulan Januari untuk Winter Sale. Sale disini di bagi 3 session, session awal discount mulai 20%, session kedua biasanya 2 minggu sesudahnya, discount mulai 30%-40%, dan session terakhir 50%-70% bahkan 80%, tapi pada session ke dua biasanya barang yang bagus sudah habis duluan.
Nah bagi yang datang ke Paris di luar bulan-bulan sale, bisa mendatangi tempat-tempat belanja yang sesuai dengan ukuran kantong masing-masing. Untuk Anda yang ingin menikmati kemewahan berbelanja di butik desainer kelas atas, bisa menuju Louvre-Tuileries, atau jika ingin mencari barang vintage berkualitas, Saint-Quen Flea Market adalah pilihan yang tepat. Dan bagi yang ingin berburu barang branded dengan harga miring bisa mendatangi factory outlet yang terdapat di La Vale Village dan Marques Avenue.

Berikut beberapa tempat belanja di Paris:

Louvre-Tuileries dan Faubourg Saint-Honore.
Faubourg Saint-Honore merupakan salah satu pusat mode di Paris dimana anda dapat menemukan berbagai rancangan busana Creme de la creme, furnitur unik, dan kosmetik dengan kualitas terbaik. Berlokasi di lingkungan Louvre-Tuileries dan hanya terletak beberapa blok dari Opera Garnier dan Paris department store di Boulevard Haussmann.
Di Saint-Honore ini Anda dapat menemukan berbagai macam brand kelas atas seperti Versace, Hermes, Yves Saint Laurent, dan Colette.

Untuk menuju kesana, bisa melalui Metro Concorde, Tuileries (Jalur 1), dan Pyramides (Jalur 7 dan 14).
Jalan utama: Rue du Faubourg Saint-Honore, Rue Saint-Honore, Rue de la Paix, Place Vendome.

Paris Department Stores District - Boulevard Haussmann
Pusat perbelanjaan ini merupakan salah satu tujuan wajib bagi para turis untuk berbelanja. Di sini Anda bisa menemukan berbagai jenis barang mulai dari fashion, kuliner khas Paris, desain rumah, bahkan perhiasan. Di pusat perbelanjaan ini, Galeries Lafayette dan Printemps department store mendominasi Boulevard Haussmann dengan kemegahan asli dari Belle Epoque.
Galeries Lafayette adalah salah satu tempat belanja yang saya sukai karena design interior bangunan ini yang menakjubkan, dan salah satu yang saya kagumi adalah kubah bangunan yang terbuat dari kaca yang megah.

Untuk menuju ke sini anda bisa naik metro dari Metro Havre-Caumartin (Jalur 3 atau 9), Opera (Jalur 3, 7, 8), atau RER Auber (Jalur A).
Jalan utama: Boulevard Haussmann.





        Interior Galeries Lafayette

 

Avenue Montaigne dan Avenue des Champs-Elysees
Tempat ini adalah pusatnya para pecinta fashion. Di tempat ini Anda akan menemukan berbagai macam rancangan desainer legendaris seperti Chanel, Louis Vuitton dan Dior di sepanjang jalannya. Champs-Elysees juga sebagai salah satu tempat wisata favorite dari seluruh dunia.

Untuk mencapai tempat ini anda bisa naik Metro Alma Marceau (Jalur 9), Franklin D. Roosevelt (Jalur 1 dan 9), George V (Jalur 1), dan RER A (Charles de Gaulle Etoile-).


Avenue Champs-Elysees


The Marais
Bagi para pecinta seni dan kolektor barang-barang yang unik, The Marais adalah tempat yang tepat. Di sana Anda bisa menemukan beragam produk fashion yang tidak biasa, perhiasan unik dan berbagai barang antik, serta seni rupa lainnya. Cobalah belanja barang antik atau seni rupa di Place des Vosges, selain barang antik, di sini andapun dapat menemukan butik mewah Isye Miyake, Maison de Victor Hugo,dan restoran mewah. Selain itu anda dapat manjakan mata dengan berbelanja perhiasan di butik-butik seperti Rue des Francs-Bourgeois. Sedikit info le Marais

Metro Saint-Paul (Jalur 1) atau Hotel de Ville (Jalur 1 dan 11).
Jalan utama: Rue des Francs-Bourgeois, Place des Vosges, Rue de Turenne, Rue des Rosiers









Saint-Quen Flea Market
Bagi yang ingin belanja murah unik dan meriah, Paris Flea Market (Marchê aux Puces de Saint Quen) mungkin bisa menjadi pilihan. Ini pasar loak paling terkenal di Paris,sekaligus terbesar di dunia.Begitu besarnya hingga jika diukur panjangnya bisa mencapai 15 km.Paris Flea Market letaknya di Clignancourt.Pengunjung maupun turis bisa berburu apa pun barang murah meriah,mulai pakaian,barang seni,sampai barang antik.Ada 3.000 pedagang yang berjualan di sini.
Jika beruntung, Anda juga bisa menemukan barang-barang branded dengan harga murah.

Metro Porte de Clingancourt (Jalur 4), atau Garibaldi (Jalur 13).

Les Halles dan Rue de Rivoli
Inilah tempat belanja favorite saya, karena sesuai kantong saya yang pas-pasan.
Les Halles adalah pusat perbelanjaan bawah tanah yang diresmikan sebagai daerah perbelanjaan utama pada abad 20. Di areal belanja ini anda bisa menemukan Zara, H&M, bahkan toko sepatu Batapun ada di sini.
Begitu juga dengan Rue de Rivoli, di daerah Rue Montorgueil. Beragam butik kontemporer unik ada di sana, termasuk Barbara Bui dan karya-karya desainer muda di Paris, bahkan barang made in China ataupun dari negara lain bisa kita temukan di sini. Dan bagi yang ingin berburu suvenir khas Perancis bisa ditemukan disini.

Untuk sampai kesana, Anda bisa menuju Metro Chatelet-Les Halles (Jalur 4, RER A, B).
Jalan utama: Rue de Rivoli, Rue Pierre-Lescot, Rue Etienne Marcel, dan Rue de Turbigo.


Les Halles







Selain tempat-tempat belanja yang saya sebutkan diatas, Paris juga terdapat dua tempat Factory Outlet. Factory outlet disini beda dengan yang ada di Jakarta atau Bandung. FO disini hanya menjual barang-barang ber-merek dan bukan barang bekas import, tapi barang yang memang tidak laku pada tahun sebelumnya atau musim sebelumnya, jadi kwalitasnya sama persis dengan yang jual hanya agak sedikit out of date dan dengan harga miring tentunya.

La Valle Vilage
FO ini sebenarnya terletak diluar kota Paris, tetapi anda akan mudah menjangkaunya dengan menggunakan kereta api atau dengan Shopping Express shuttle service, dari Paris ke La Vallée Village, 2 kali sehari. Shuttle bus ini dari Place des Pyramides pada jam 9.30 dan 12.30 dan dari La Vallée Village pada jam 14.30 dan 17.00 (45 menit waktu tempuh ).
Bila menggunakan kereta api, anda dapat naik dari Paris bisa naik RER A dengan jurusan Parc Disneyland atau Disneyland Park, dan berhenti di statiun Val D'Europe atau satu stasiun sebelum Disneyland. Factory outlet ini buka setiap hari dari jam 10.00 pagi sampai jam 20.00 Malam, termasuk hari minggu juga, tetapi akan tutup tiga kali dalam setahun yaitu: 25/12, 01/01, 01/05. Kalau anda kesini ada sedikit trik untuk mengetahui factory outlet ini, begitu keluar dari stasiun Val D'europe anda langsung masuk ke dalam Centre commerciel atau Mall, ini seperti kebanyakan Mall di Jakarta, tapi FO bukan di sini, jadi anda bisa jalan terus di dalam mall sampai bagian paling ujung, kemudian nanti akan ketemu dengan food court dan, setelah ketemu food court anda terus saja dan barulah memasuki kawasan FO. konsep toko disini cukup menarik karena setiap brand memiliki toko sendiri bergaya rumah modern. Di FO ini anda bisa menemukan brand seperti, Longchamp, Guess, Kenzo, Diane Von furs tenberg, Jimmy Choo dll. 








Marques Avenue
FO satu ini masih berada dalam kota Paris, anda dapat mencapainya dengan metro no.13 jurusan Saint Denis, dan berhenti di stasiun Marie de Saint Queen. Terus dari sini anda coba cari restoran Quick, dan terus menyebrang dari restoran Quick. Anda bisa Naik Bus No. 166 atau No. 137 Jurusan Colombes, dan anda harus turun di bus stop Marcel Paul, atau halte bus ke empat dari tempat halte bus anda. Dari sini nanti ada kelihatan Plang Marques Aveneu, jalan kaki kurang lebih 900 meter. Jangan lupa membawa peta Paris dan bus dan metro, untuk memudahkan mencari arah jalur.

Di Marques Avenue ini tidak semua barang bebas pajak, anda masih kena pajak 19%, tapi memang ada beberapa toko yang tax free walaupun barang tersebut masih kena pajak, tetapi masih lebih murah dari harga toko di Paris. Sedangkan di La Valle Vilage hampir semuanya bebas pajak, dan juga lebih murah 30-50% dari harga di Paris serta juga ada layanan penggantian pajak bagi pengunjung non-Uni Eropa.

Jadi, bila mengunjungi Paris, silahkan memilih dimana anda ingin berbelanja, dan membeli oleh-oleh tentunya.




*Info dari berbagai sumber dan pengalaman pribadi.


Happy Traveling.... And Happy Shopping....

No comments: