Saturday 23 April 2016

Bagaimana menggunakan Kereta Bawah Tanah (Metro) di Paris








Paris adalah kota yang fantastik untuk para pejalan kaki, tetapi bila dalam perjalanan kita sedang di buru waktu, atau cuaca tidak bersahabat, atau hanya ingin mengistirahatkan kaki dari berjalan. Maka alternatif lain adalah dengan naik Kereta bawah tanah/ metro, salah satu sistem transportasi angkutan cepat terbaik di dunia.



Metro Paris dengan nama lengkap Metropolitain (MΓ©tro de Paris ) mempunyai 16 line, kebanyakan di bawah tanah, dengan total panjang rutenya 213 km (133 mil), dilayani oleh 298 stasiun (382 perhentian). Jalur ini ditandai dengan nomor dari 1 hingga 14, dengan dua jalur kecil, 3bis dan 7bis, yang mana merupakan bekas dari jalur induknya dan menjadi jalur independen. Dan untuk menghubungkan pusat kota dengan kota pinggiran terdapat RER.



Ketika pertama kali menggunakan peta Metro Paris, mungkin agak membingungkan. Dimana terdapat banyak garis serabutan yang berwarna warni alias seperti sepiring spaghetti yang penuh warna. Tetapi sekali paham menggunaan Metro Paris, maka kota Paris terbuka untuk di explorasi.







Cara Membaca Peta Metro



Pertama yang harus teman-teman tahu adalah cara menggunakan atau membaca peta Metro. Seperti banyak sistem kereta bawah tanah, jalur kereta bawah tanah di Paris tidak hanya nomor dan kode warna tetapi juga dinamai berdasarkan arah mereka akan menuju.

Itu berarti setiap baris akan memiliki dua nama; satu untuk masing-masing "akhir" dari garis- Jadi jangan hanya perhatikan nama halte dimana anda akan turun saja, tetapi perhatikan nama halte terakhir dari arah garis itu, sehingga anda tahu metro mana yang akan anda naik.



Ini contoh peta Metro, dan teman-teman bisa mendownloadnya di sini, bila kurang mengerti bahasa Perancis, teman-teman dapat mengganti ke bahasa Inggris.




Sebaiknya teman-teman mendownload peta Metro dulu sebelum sampai di Perancis, atau bisa meminta peta Metro di konter penjualan tiket Metro, dan beri tanda di halte metro mana  yang paling dekat dengan hotel anda, atau di halte mana anda akan memulai perjalanan anda istilahnya basecamp. Sehingga bila anda ingin kembali ke halte pertama atau yang dekat dengan hotel, anda tidak lupa atau nyasar.



Contoh menuju ke Menara Eiffel dengan Metro, ini yang harus anda lakukan:



1.    Cari halte Trocadero di peta Metro – Ini halte paling dekat dengan Menara Eiffel, dan jalur no.9 yang melewati halte ini.

2.    Catat halte metro awal anda, lalu lihat jalur metro awal anda apakah melewati Trocadero atau tidak? Bila tidak maka anda harus ganti jalur ke halte yang dilewati jalur no.9, atau halte hub yg mempunyai koneksi antara jalur metro awal anda dengan jalur metro no.9.

3.    Ketika anda sudah masuk ke dalam stasiun metro, dan mencari kereta yang menuju ke arah yang anda ingin tuju, maka carilah tujuan akhir dari metro itu dan pastikan anda naik kereta ke direksi atau tujuan yang benar yang melewati Trocadero. Dan bila anda naik ke tujuan yang berlawanan, tinggal turun dan cari kereta dengan arah yang menuju ke Trocadero.







Nah sekarang kita bahas soal tiket Metro.



Tiket Metro Paris



Standart tiket Metro disebut "T" Tiket, dan digunakan untuk 90 menit dari satu perjalanan Metro yang berkesinambungan. Dengan kata lain, Anda dapat menggunakan tiket Anda masuk ke Metro dan tiket ini masih ok untuk seluruh perjalanan Anda-bahkan jika Anda harus berganti kereta dua atau tiga kali untuk sampai ke tujuan anda-Jadi selama perjalanan tidak lebih dari 90 menit. Sebagai catatan, tiket T ini juga dapat digunakan pada bus, trem dan di zona 1 RER.



Anda dapat membeli tiket Metro Paris satu lembar pada satu waktu, atau dalam paket sepuluh yang disebut "carnet" (kar-nay). Harga paket ini kadang suka berubah, jadi pastikan untuk memeriksa dengan Metro website resmi untuk melihat harga yang terbaru. Saat kunjungan saya April 2016, harga tiket 1,80 € / satu tiket, dan 14,00 € untuk carnet. Carnet tiket dapat menjadi pilihan yang sangat baik karena tidak ada cap tanggal, sehingga dapat digunakan selama sehari, Mingguan, bulanan, atau bahkan lebih lama (saya sering berbulan2 kemudian baru gunakan lagi tiket Metro dan tetap berfungsi). Plus, karena Anda membeli 10 tiket terpisah, maka teman-teman dalam satu group perjalanan dapat menggunakannya secara terpisah.



Selain tiket carnet 10-pack, terdapat tiket jenis lain juga yang mungkin dapat anda gunakan, tergantung pada berapa lama anda tinggal di Paris dan berapa banyak Anda menggunakan Metro dan transportasi umum lainnya. Tiket ini namanya “Carte Orange” untuk mingguan atau bulanan dalam waktu tertentu, atau kartu Paris Visite untuk satu hari, dua hari, tiga hari, dan lima hari.



Anda dapat membeli tiket T di loket tiket di setiap stasiun RER, di beberapa terminal bus, mesin tiket di Stasiun Metro RER dan beberapa terminal bus, dan di beberapa toko yang telah disetujui untuk menjualnya, seperti toko rokok (Tabac).








Zona Area



Tempat-tempat utama yang ingin dilihat dan dilakukan di Paris kebanyakan berada dalam zona 1 dan zona 2. keluar dari zona tersebut akan dikenakan biaya tambahan pada Metro. Untuk diketahui bahwa La Defense dan St. Denis berada di zona 3, dan Bandara kota di zona 5 dan untuk ke bandara Charles de Gaulle terdapat tiket tersendiri dengan harga lebih mahal sekitar 8,00 € sekali jalan .

Tiket transportasi yang disebutkan di atas adalah untuk Zona 1-3. Sebelum membeli tiket, pastikan dulu anda ingin mengunjungi zona berapa saja, supaya saat membeli tiket tidak kemahalan karena tidak digunakan.





Jam operasi



Walaupun Paris kota yang sibuk dan kota cahaya yang tidak pernah tidur, tetapi Metro di Paris tidak beroperasi selama 24 jam.

Minggu-Jumat, mulai beroperasi jam 5:20 pagi dan kereta terakhir jam 1:20 pada pagi hari berikutnya (kereta hanya tidur 4 jam saja).

Pada Sabtu malam alias malam Minggu, Kereta beroperasi dari jam 5:20 pagi hingga 2:20 pagi hari berikutnya.



 Nah itulah sedikit info tentang menggunakan kereta Metro di kota Paris.



Semoga dapat bermanfaat bagi teman-teman yang ingin berkunjung ke Paris dan ingin menggunakan Metro. Selain kereta Metro terdapat bus, trem, dan taxi. Tetapi harga taxi di Paris sangatlah mahal.

Oh iya satu lagi, sebaiknya simpan tiket Metro jauh dari HP, karena akan mengganggu system deteksi tiket saat di gesek dipintu masuk ke stasiun Metro. Dan bila itu terjadi sebaiknya anda meminta tiket yang baru ke konter tiket dan katakan ke petugas kalau tiketnya tidak berfungsi. Dan mereka akan menggantinya dengan yang baru dan tiket anda yang tidak berfungsi akan ditarik kembali oleh mereka.



Happy Travelling....




No comments: