Friday 19 June 2015

Menjejakkan Kaki di Bukit Pasir Terbesar di Eropa







Selama ini saya selalu berpikir bahwa bukit pasir selalu terletak di Timur Tengah atau Sahara di Afrika, tetapi siapa sangka di daratan Eropa ada padang pasir yang menakjubkan. La Dune du Pyla/ Pilat atau the great dune of Pyla adalah sebuah bukit pasir di Eropa yang terletak di Perancis, tepatnya di kawasan Teluk Arcachon, 60 km dari kota Bordeaux. Bukit pasir ini memiliki lebar 500 meter, panjang 3 km dan tinggi 107 meter diatas permukaan laut, menjadikan bukit pasir ini yang tertinggi di Eropa.

Menariknya, bukit pasir raksasa itu tidak pernah berhenti bergerak, Selama 57 tahun terakhir, bukit pasir itu telah bergerak sejauh 280 meter, yang berarti mengalami perpindahan tahunan sebesar 4,9 meter per tahun. Perluasan bukit pasir ini dikarenakan tiupan angin dari Samudera Atlantik yang menyebabkan bukit pasir ini bergerak kearah daratan dan perlahan semakin meluas, bahkan menutupi rumah dan jalanan disekitarnya.

Untuk mencapai bukit pasir Pyla bisa dengan kendaraan pribadi atau kereta api dari Bordeaux ke Arcachon lalu dilanjutkan dengan bus menuju ke Dune du Pilat, atau dari Arcachon bisa menyewa sepeda.



Ketika kaki menginjak di kawasan ini, rasa kagum dan tantangan untuk mencapai puncaknya membuat saya dan suami tidak menunggu lama, dan kamipun mulai mendaki, terdapat tangga untuk mencapai ke puncak bukit pasir ini, tetapi kami lebih menyukai tantangan mendaki hingga ke puncaknya. Perjalanan mendaki bukit pasir yang cukup curam ini cukup menguras tenaga dan kehati-hatian, kalau tidak waspada maka akan terguling ke bawah yang cukup menakutkan.



 Sisi dgn hutan pinus yg hijau


Pendakian yang cukup melelahkan terbayar dengan pemandangan yang menkjubkan dari atas puncak bukit. Di satu sisi pemandangan teluk Arcachon dengan pesisir pantai yang indah dan laut yang biru dan di sisi lain pemandangan hutan pinus yang hijau, sungguh suatu pemandangan yang tidak biasa dan membuat decak kagum. Kamipun berjalan sepanjang bukit pasir ini dan mata yang tidak lelah menikmati pemandangan di kedua sisi dari bukit pasir yang spektakuler ini. Karena keindahan bukit pasir Pyla ini, sehingga banyak wisatawan yang berkunjung ke sini. Selain menikmati keindahan dari puncak bukit, juga terdapat olahraga paralayang dan berenang di pantai Arcachon yang indah, selain itu terdapat kota-kota di tepi pantai yang indah.


 Satu sisi dgn pemandangan pantai dan laut yg biru



 Wisatawanpun berselfie ria


 
Setelah menikmati pemandangan di puncak bukit pasir, kamipun turun, dan menuruni bukit pasir ini cukup menantang juga, tetapi tidak seberat mendaki tentunya. Sebelum kembali ke Bordeaux, kami mampir ke sebuah kota yang terletak di tepi pantai,tidak jauh dari bukit pasir Pyla. Kota kecil tetapi asri dengan dermaga yang penuh dengan perahu nelayan maupun pribadi. Dan kamipun berjalan di pantai yang bersih dengan ombak yang tenang, pemandangan pantai yang indah, dan disisi seberang jalan berderet rumah dengan gaya yang unik, sungguh pemandangan yang sejuk di mata.



 Dermaga yg penuh dgn perahu


 Pantai yg bersih dan tenang





 Salah satu rumah dgn gaya yg unik dibanding dgn gaya rumah Perancis pd umumnya







HAPPY TRAVELING....



4 comments:

sksh2f said...

boleh bagi cara untuk ke sana menggunakan transportasi umum dan biayanya.??

Diary si kepik said...

@sksh2f Saya ke sana selalu dgn mobil beserta dgn keluarga, tapi kl dgn kereta dan bus bisa dgn ini ;

By train

TGV or TER to Arcachon, then take the bus

Train Bordeaux - Arcachon | Arcachon - Bordeaux

Bus Railway station Arcachon - Dune of Pilat

sksh2f said...

terima kasih

Diary si kepik said...

@sksh2f Sama2 mbak...