Wednesday 16 December 2015

Canelés De Bordeaux, Si Manis Dari Bordeaux







Bordeaux selain terkenal akan wine, kebun anggur, bangunan tua nan indah, juga akan makanannya. Dan salah satu special pastry yang terkenal dari Bordeaux adalah Canelés de Bordeaux, juga dikenal sebagai cannelé Bordelais, adalah pastry Perancis yang magis, berbentuk cilinder yang beralur, kaya rum dan vanili dengan bagian luar yang dibalut karamel tipis. Canelés terbuat dari tepung terigu, telur, susu, gula dan diberi rasa rum dan vanila.

Si manis dari Bordeaux ini dapat kita temukan hampir di setiap toko kue di kota Bordeaux, dan yang terkenal adalah Baillardran. 
Sensasi menggigit canelés yang enak ini dimulai sejak gigitan pertama pada bagian luar yang manis karena balutan karamel, lalu bagian dalam yang lembut dengan rasa rum dan vanili. Bagi yang tidak suka rum, jangan kuatir, rasa rum di lidah tidak terasa pahit tetapi manis. 
Terdapat dua macam jenis canelés ini, lembut dan crunchy. 





 
Jadi bagi teman-teman yang sedang berkunjung ke Bordeaux, bisa mencoba canelés ini atau menikmati akhir hidangan dengan canelées dan ditemani secangkir red wine khas Bordeaux.

Oh iya, hidangan pastry inipun dapat ditemukan di kota Paris juga....

dan bagi teman-teman yang ingin membuatnya sendiri mungkin bisa mencoba resep ini:









No comments: