Sunday 4 January 2015

Surga Ladang Anggur Di Perancis






 
Setelah berkeliling di kota Bordeaux dengan bangunan tua dan sejarahnya, mari kita mengunjungi pusat-pusat ladang anggur, dan chateau-chateau penghasil minuman anggur/wine yang terkenal di dunia.




 
 Ladang Anggur




 
 Barel/ tong kayu oak utk menyimpan Wine


Wine Bordeaux adalah produksi dari wilayah Bordeaux dan sekitarnya yang masuk dalam wilayah Gironde dengan ibu kota Bordeaux, memiliki sekitar 120.000 hektar ladang anggur, dan lebih dari 8000 château/ rumah produksi wine, menjadikan wilayah ini pengembang anggur terbesar di Perancis. 89% produk wine dari daerah ini adalah red wine. Wilayah Gironde dipisahkan oleh sungai Garonne, menjadikan wilayah ini terbagi menjadi Right Bank dan Left Bank. Wilayah Left Bank meliputi Medoc dan Grave, sementara wilayah Right Bank meliputi Libournais, Bourg dan Blaye.



Wilayah Medoc sendiri dibagi menjadi Haut-Medoc dan Bas-Medoc. Terdapat beberapa desa di Haut-Medoc, diantaranya St-Estéphe, Pauillac, St-Julien dan Margaux. Sedangkan wilayah Graves meliputi desa Pessac-Léognan dan Sauternes.

Libournais sebagai wilayah Right Bank meliputi desa Saint Emilion dan Pamerol.



 
Wine testing di salah satu chateau






Semua wilayah tersebut selain Libournais, mempunyai sebutannya sendiri dan diatur oleh hukum Appellation d'origine controlée yang mengatur varietas anggur, level alkohol, dan metode pembuatan. Bordeaux wine biasanya mencantumkan keterangan mengenai dari daerah mana anggur tersebut di produksi dan tahun berapa.





  
Saat ini Medoc dan St. Emilion dianggap sebagai penghasil wine terbaik, dan diakui UNESCO sebagai situs warisan dunia. Chateau-chateau yang memproduksi wine di wilayah ini mempunyai gudang di bawah tanah dengan suhu sekitar 12 derajat celcius, suhu yang sesuai untuk penyimpanan wine dalam tong yang terbuat dari kayu oak. Banyak château selaian memproduksi wine juga menjadikan lahannya sebagai tempat wisata, seperti menawarkan spa wine, pengalaman menginap ala kemewahan istana-istana Perancis. Dan juga kita dapat mencoba wine atau wine testing di setiap chateau, dan tidak lupa membeli beberapa botol untuk oleh-oleh. Dan sayapun tidak lupa mecobanya juga.




Botol besar di perempatan jalan di St. Julien


5 château penghasil wine terbaik di wilayah Gironde adalah :

  • Chateau Lafite-Rothschild, Chateau Latour , Chateau Mouton Rothschild yang berada di kawasan Pauillac
  • Chateau Haut-Brion di kawasan Pessac – Leognan

  • Chateau Margaux di kawasan Margaux

Karena reputasinya dan konsistensinya, anggur-anggur produksi chateau tersebut harganya mahal di pasaran terutama untuk wine produksi tahun-tahun tertentu yang kerap diburu oleh wine connoisseur dari berbagai penjuru dunia.




 Château Cos d'Estournel




 Chateau Beychevelle



 
Chateau Lafite Rothschild








 Chateau Margaux

  
Selain surga Ladang anggur dan château penghasil wine kelas dunia, wilayah Gironde yang terletak di muara sungai Garonne juga mempunyai wisata pantai dan danau yang terkenal dengan Côte d'Argent atau pantai perak yang menghadap laut Atlantik. Garis pantai dengan panjang 200 km yang bermula dari muara sungai Gironne hingga Biarritz, lewat pantai Hourtin, Lacanau dan teluk Arcachon. Nama Côte d'Argent/ Pantai Perak mengacu pada kualitas unik dari pasir halus yang bercampur abrasi dari kerang yang mengkilap dimalam hari, dan akan terlihat refleksi air keperakkan.


 Sore hari di Pantai Hourtin




HAPPY TRAVELING....



2 comments:

Unknown said...

Harga wine nya perbotol kisaran brp sis? Lbh murah beli dsini atau dtempat lain? Kbetulan sy suma fruitty wine, yg manis2 gt, sis ada rekomendasi nama wine yg enk?

Diary si kepik said...

@Dewi Dee kalau memang sudah sampai di wilayah Bordeaux sebaiknya beli wine di sana.... Harga bermacam2, tergantung tahun dan kualitasnyanya.... untuk tahu jenis wine yg lebih pasti bisa ke butik wine, jd lebih jelas gitu mbak.... :)