Saturday 14 May 2016

Menyusuri Keindahan Taman Kastil Villandry






Chรขteau/ kastil Villandry terletak di desa Villandry, di wilayah  Indre-et-Loire, 217 km dari Paris. Kastil Villandry adalah salah satu kastil yang impresive di lembah Loire, walaupun bangunan dengan gaya renaissance ini tidak semegah kastil Chambord ataupun Kastil Chenonceau di Lembah Loire, tetapi taman yang dimiliki oleh kastil ini sungguh fantastik dengan koleksi yang memukau.



Awalnya kastil Villandry hanya berupa benteng tua yang dikenal sebagai Colombier sampai abad ke-17. Dan di tempat inilah pada tahun 1500-an, tempat pertemuan antara raja Perancis, Phillip II dengan Richard I dari Inggris yang dikenal “The Lionhearted”. Pertemuan ini diprakarsai Jean le Breton, seorang Jenderal perang raja Franรงois I, dan kemudian dibangunlah sebuah kastil yang selesai pada tahun 1536.



Dari keluarga Breton, kastil inipun beralih ke Marquis de Castellane, yang merenovasi dan mengubah ke gaya abad 18. Pada masa revolusi Perancis, kastil ini diserahkan ke Joseph Bonaparte oleh Napoleon Bonaparte. Lebih dari 100 tahun kastil Villandry terbengkalai dan akhirnya dibeli oleh Dr. Joachim Carvallo, dan ia merenovasi dan menciptakan taman-taman yang spetakuler.



Harga tiket masuk ke kastil dan taman adalah 10,5 Euro, dan 6,5 Euro untuk mengunjungi taman saja. Dan sayapun memilih untuk mengunjungi kastil dan taman Villandry.  Di dalam kastil Villandry, pengunjung dapat menikmati arsitektur ruangan seperti ruang makan, dapur, kamar tidur pangeran Jerome, kamar tidur anak, Perpustakaan, serta kamar Joachim Carvallo. Dan di lorong galeri lukisan, saya dangat mengagumi lukisan-lukisan koleksi dari Joachim Carvallo dan istrinya, Ann Coleman dari zaman emas pelukis Spanyol diabad ke-17. 
Di ruang koleksi oriental, saya sangat mengagumi arsitektur Hispano-Moorish pada langit-langit ruangan yang begitu unik. Joachim membeli salah satu dari empat bagian langit-langit ini dari istana Magueda Dukal dari abad ke-15 di Toledo. Dan dibutuhkan setahun untuk menyusun 3.600 bagian langit-langit kayu polychrome ini. Di ruangan ini terdapat juga beberapa koleksi Ottoman Turki, dimana Castellane menjadi duta besar untuk Sultan Ottoman, pada masa pemerintahan Louis XV.



                                                                      Ruang Makan




Kamar tidur pangeran Jerome





           Joachim Carvallo


 


                                                                Perpustakaan



                                                                          Dapur



                                                                 Galeri Lukisan







                                                  langit-langit Hispano-Moorish



                                                     Koleksi di Ruang Oriental










 Ruang Tidur anak




Pada tahun 1934 kastil Villandry masuk dalam dartar bangunan sejarah yang dilindungi oleh pemerintah Perancis dan juga sebagai salah satu kastil di lembah Loire yang masuk dalam daftar warisan dunia UNESCO. Kastil Villandry ini masih tetap dimiliki oleh keluarga Carvallo dan dibuka untuk umum.  




Ketika masuk ke dalam taman, saya begitu terpukau dengan penyusunan dan tata taman Villandry ini, sangat luar biasa. Bila kita melihat dari puncak kastil, maka para pengunjung akan dimanjakan dengan bentuk dan gaya serta warna taman yang mengagumkan. Taman renaissance ini terbagi beberapa taman dengan bentuk, tata dan jenis tanamannya. Seperti taman air, Taman bunga hias dan kebun sayur, taman silang, kebun herbal dan kebun dapur, taman matahari serta sebuah labirin. Selain taman dan kebun yang cantik, terdapat juga taman bermain untuk anak-anak serta hutan yang terletak di sebuah bukit dengan pemandangan kastil dan taman. Bagi pengunjung yang membawa anak-anak seperti kami, merekapun dapat menikmati mainan di taman yang apik ini. Sedangkan para orang tua dapat beristirahat di bangku taman yang rindang.








 Labirin

 Taman bermain anak-anak



Dari semua taman dan kebun di kastil Villandry, saya paling terkesima dengan taman Ornamental. Taman ini di tata dengan berbagai bentuk ornamen, seperti ornamen berbentuk love, kotak, melingkar dan lain-lain. Bila masuk ke dalam taman-taman ini, rasanya seperti dalam cerita “Alice in Wonderland”. Antara satu taman dengan taman lainnya dipisah dengan sebuah kanal yang berisikan ikan warna warni. Anak-anak sayapun begitu senang dan semangat untuk eksplorasi di taman ini, menyusuri kanal serta menemukan jalan keluar di taman labirin.











Untuk menuju ke kastil Villandry dari Paris, naik kereta dari stasiun Montparnasse – Tour. Lalu dari Kota Tour bisa naik taxi atau Fil Bleu shuttle bus (hanya dibulan Juli dan Agustus saja), atau sewa sepeda dengan menyusuri sepanjang sungai Loire dengan jarak 9 mil.



Atau sewa mobil dari Paris dan ikuti peta


Happy Traveling guys....

Ngetrip ke mana lagi ya....

4 comments:

Unknown said...

Wah tamannya indah, semoga suatu saat bisa ke Prancis. Mbaknya tinggal di Prancis atau sekedar berkunjung liburan?

Nida said...

Paling seneng lihat kastil2... feel nostalgic...

Diary si kepik said...

@Nida Nostalgic ama sapa nih... hayoooo.. hi hi hi

Diary si kepik said...

@Iman Santosa Aminnn... pasti bisa :), Iya saya tinggal di Prancis :)