Friday, 17 February 2017

BARANG PENTING SAAT LIBURAN DI MUSIM DINGIN







Berlibur pada saat musim dingin ke negara-negara yang mempunyai empat musim mungkin sedikit tricky bagi traveler dari negara tropis seperti Indonesia. Dimana kita hanya merasakan musim panas dan hujan. Nah supaya liburan jadi menyenangkan dan tidak menjadi masalah dalam perjalanan, apa sajakah yang perlu dipersiapkan untuk liburan di musim dingin ?

Sebelum mempersiapkan barang-barang penting untuk liburan di saat musim dingin, nah ada baiknya melihat list itinerarynya dulu, negara mana yang mau di tuju dan kota apa saja? Karena negara-negara Eropa bagian utara dengan Eropa bagian selatan sangatlah berbeda suhunya. Bila hanya ke Italia, Spanyol, Belanda, Perancis, Jerman dan sekitarnya tentu berbeda suhu dengan negara-negara yang lebih utara, seperti Rusia, Greenland, Islandia, Norwegia bagian utara, swedia bagian utara, FInlandia bagian utara, dan daerah pegunungan. Pada prinsipnya baju dan peralatan musim dingin hampir sama hanya beda di ketebalan dan beberapa pernak pernik musim dingin extrem lainnya. Dan ketika saat jalan-jalan dengan banyak aktifitas, rasa dingin itupun akan hilang, kecuali saat banyak angin, itu yang biasanya menusuk tulang.







Berdasarkan pengalaman saya melewati musim dingin di Eropa, inilah beberapa barang penting yang perlu dipersiapkan:

1.    Obat-obatan

Bila teman-teman mempunyai riwayat alergi cuaca dingin (rhinitis alergika), maka sebaiknya membawa obat alergi dan juga obat semprot pada hidung. Jangan lupa membawa minyak angin, minyak kayu putih, obat demam, obat flu dan juga obat diare atau muntah. Karena berdasarkan pengalaman saya saat berlibur ke Norwegia utara, saya terkena diare. Baru turun dari pesawat saya sudah mencari obat diare di toko serba ada di bandara Oslo. Dan selama beberapa hari dalam perjalanan, perut kembung, masuk angin dan diare, sangat ga enak banget dan rasanya apes deh…. Tetapi untunglah hanya beberapa hari saja. Nah supaya perjalanan enak dan ga apes, kudu siapin obat-obatan dan dan vitamin-vitamin supaya kondisi prima dan siap perang. Dan tidak lupa siapkan juga lip balm, karena cuaca bisa sangat kering di musim dingin.

2.    Pakaian dalam / long jhon (thermal underwear) dan Sweater

Long jhon ini mirip pakaian senam yang terdiri dari bagian atas dan bawahan yang berupa legging. Fungsi long jhon ini penting untuk menjaga suhu tubuh tidak keluar dan juga angin dingin tidak masuk. Sebaiknya carilah long jhon yang menempel pada kulit kamu dan elastis, agar mudah beraktifitas. Adapun bahan material long jhon ada yang dari katun, polyester, wol dan fleece. Manakah yang lebih baik? Menurut pengalaman sebaiknya bahan wol asli, karena lebih hangat dan nyaman.

Sedangkan untuk sweater pilihlah yang dari bahan wol, bulu domba atau fleece.

3.    Topi kupluk/ Beanie, atau Earmuff

Untuk menutup kepala dari rasa dingin saya biasa memakai topi kupluk atau bonet dalam bahasa Perancis. Pilihlah bahan yang ringan, seperti rajutan wol dengan pelapis fleece bagian dalamnya dan carilah kupluk yang dapat menutup hingga ke telinga. Sedangkan penutup telinga atau earmuff bisa di pakai atau tidak karena sudah terwakili oleh topi kupluk.

4.    Syal/ scarf

Nah untuk syal terdapat banyak jenis dan bahan materialnya , wol, polyester, silk, bahkan katun. Tetapi untuk suhu yang benar-benar dingin sebaiknya cari bahan wol, karena ketebalan dan rasa hangat yang melindungi daerah leher juga dapat melindungi hingga ke bagian hidung.  

5.    Sarung tangan

Sarung tangan adalah salah satu perlengkapan yang penting di musim dingin. Dan terdapat beberapa jenis bahan sarung tangan, ada yang dari bahan wol, kulit, fleece, bulu-bulu dan polyester. Dan untuk musim dingin yang bersuhu diatas nol derajat sebaiknya memakai bahan polyester fleece yang ringan dan tidak tebal. Sedangkan untuk daerah dengan suhu di bawah nol derajat dan bersalju banyak seperti daerah pegunungan sebaiknya memakai jenis skiglove. Dan bagi teman-teman traveler yang suka foto-foto dengan kamera ataupun kameraphone, dapat memakai touchscreen glove, sarung tangan yang terdapat bahan penyentuh smartphone di ujung jari, sehingga saat asyik berfoto ria, tangan tidak menjadi kedinginan. 





6.    Kaos kaki dan Sepatu

Kaos kaki sebaiknya dari bahan wol, sintetis atau bulu domba, karena bahan tipis seperti katun tidaklah cukup melindungi dari dinginnya cuaca. Dan untuk sepatu dapat memilih yang boots atau semi boots. Dan sebelum membeli sepatu boots, ada baiknya melihat ke daerah apa sajakah yang akan dikunjungi, bila daerah yang bersuhu extrem dan bersalju lebat, sebaiknya memilih boots dengan bahan kulit atau suede dengan lapisan dalam yang tebal dan hangat serta water resistant. Tetapi bila hanya ke daerah dengan suhu diatas 5 derajat dan tidak banyak salju dapat memilih semi boots yang semata kaki special untuk musim dingin dan tetap dengan bahan water resistant. Oh iya… boots musim dingin beda dengan boots biasa yah, jadi jangan salah beli, dan sebaiknya beli dengan sol luar yang bergerigi, karena sering jalanan agak licin pada musim dingin.

7.    Jaket/ Wintercoat

Menurut saya inilah barang yang terpenting dalam melindungi tubuh kita pada musim dingin, pastikan memilih jaket yang bisa menahan dingin, angin, salju, dan hujan. Pilihlah yang berisolasi tebal sehingga tubuh kita tetap hangat bahkan ketika tidak bergerak, tetapi tidak kegerahan di dalam jaket. Ada beberapa material yang dapat dipilih, yaitu polyster fleece, wol, bulu angsa, maupun material sintetis lainnya. Dan terdapat beberapa jenis jaket, seperti coat, parka, down, doudone, dan lain-lain.

Dimanakah Membeli Keperluan musim dingin di Jakarta?
Membeli semua keperluan musim dingin ini sangatlah gampang di negara dengan empat musim, tetapi di Indonesia mungkin masih jarang. Ada beberapa tempat di Jakarta yang menjual keperluan musim dingin, seperti di:

-       Laxmi-Winter Wear Collection.
Terdapat 3 lokasi yaitu: Pecenongan, Senayan City dan jl. Kemang Raya.

-       Toko Djohan
Pasar Pagi manga Dua Lt.2 blok B No.47-48
Tlp : 021-6013789, 021-37081135

-       Farina Busana
Pasar Pagi Mangga Dua Lt.2 blok B No.198-199
Tlp : 021-6255615, 021-6005725

-       Parasaya – Blok M

-       Factory Outlet di Mall Artha Gading

-       FO “Raja” di Mall Indonesia lantai basement

-       Toko perlengkapan “Adventure”, belakang terminal Rawamangun, tepatnya di jl. Sedayu

-       Keen Adventure, PIM 2, lantai paling atas deretan Pizza Hut

-       Secondhand Market, di Pasar Baru dan pasar Senen.
Nah walau secondhand dari Jepang dan Korea, tapi bila teliti memilah bisa dapat barang bagus dengan harga jauhhhhhhh lebih murah, saya pernah dapat jaket parka tebal dan bagus hanya dengan harga 50 ribu aja.

-       Metro Dept. Store

-       Uniqlo; Mall Taman Anggrek, Lotte Shopping Avenue, PIM 1, Gandaria City

-       Winter Wool di Melawai Plaza

-       MOMO – ITC Kuningan lt.1 depan escalator

-       Universal Traveler: Baywalk Mall, Pluit

-       Cold Wear, Sogo Plaza Senayan, Central Park, Lotte Shopping Ave

-       The North Face; Sogo PIM 2, Lotte Shopping Ave, Kuningan City, Margo City-Depok

-       Rempoa Factory Outlet; Jln. RC Veteran, sebelah pom bensin Veteran
Fo ini masih masih sodara dengan FO di jln Dago, Bandung, yaitu DSE.





Semoga ini bisa membantu teman-teman traveler yang akan berlibur disaat musim dingin.

Stay Warm and Happy Traveling…..




Sumber: Pengalaman pribadi dan beberapa sumber lain.

2 comments:

Tira Soekardi said...

makasih infonya

Mimi Champy said...

@Tira Soekardi Senang bisa membantu mbak, salam :)