Wednesday, 1 February 2017

La Rochelle, Kota Pelabuhan Yang Cantik






Setiap liburan sekolah, kami sekeluarga selalu mampir ke rumah mertua dekat kota Bordeaux, sebelah barat daya Perancis. Nah suatu ketika saat pulang dari rumah mertua, kamipun mampir ke La Rochelle, sebuah kota dengan pelabuhan yang cantik dan pantai yang menawan.

La Rochelle adalah sebuah kota di Perancis bagian barat, pelabuhan yang terletak di teluk Biscay. Pesisir samudera Atlantik. Ini adalah ibukota dari kabupaten Charente-Maritime. Terletak diantara kota Nantes di sebelah utara, dan Bordeaux di sebelah selatan. Sekitar 473 km dari Paris.
 
Kami hanya mempunyai beberapa jam mengunjungi kota ini, apakah yang bisa di nikmati di kota pelabuhan ini? 

Pertama-tama kami mengunjungi pusat kota yang ramai dengan turis serta sebuah pasar tradisional, Place du MarchΓ© yang sudah berdiri sejak abad XIX. Jalan-jalan dibuat dari batu yang tersusun rapi, deretan bangunan yang berarsitetur renaissance yang terbuat dari batu kapur dengan warna krem alami. Di jalan utama yaitu rue Chaudier dan rue de palais berdiri deretan toko-toko, cafe, dan restoran di sisi kiri dan kanan jalan. 















Dan saat kami berjalan di pinggiran Vieux Port sambil menikmati pemandangan yang menghadap ke dermaga, mata sayapun melihat seorang wanita berpakaian merah yang sedang meniup sebuah alat musik yang mengingatkan saya akan iklan permen Ricola. 

Saat sedang asyik menikmati musik tiup dari wanita tersebut, tiba-tiba anak saya tertarik dengan sebuah patung di tengah-tengah keramaian, dan ternyata itu bukanlah patung, melainkan seorang pria yang beraksi sebagai patung. Dan beberapa turis menikmati keindahan pemandangan di pelabuhan ini sambil duduk di pinggir dermaga.








Selanjutnya kamipun menuju  pusat primadona kota ini. Sebuah pelabuhan yang sangat indah dengan dua menara yang monumental, La Tour St. Nicolas (Menara St. Nicolas) dan La Tour de la Chaine (Menara Rantai). Kedua Menara ini adalah pintu masuk kapal-kapal dari berbagai penjuru Perancis dan negara lain, dan juga sebagai menara untuk pertahanan. Dan menara ketiga yaitu La Tour de Lanterne (Menara lentera), yang terhubung dengan Menara Rantai.
Ketiga Menara ini dapat dikunjungi dan berjalan diatasnya yang terhubung satu dengan lainnya. Biaya 10,50 euro untuk memasuki ketiga Menara ini dan juga termasuk perahu untuk menyeberang ke Menara sisi lainnya.

Menara Lentera adalah sebuah mercusuar dari abad pertengahan yang dibangun pada tahun 1445, dan merupakan satu-satunya mercusuar dari abad pertengahan yang masih tetap berdiri hingga kini di sepanjang pesisir Atlantik. Menara ini terdapat banyak sekali graffiti yang terukir di dinding oleh bajak laut dan tahanan yang di tahan di sini sebelum dipindahkan ke penjara lain pada abad ke-17.





                                               La Tour Lanterne


Selain mercusuar dari abad pertengahan, terdapat sebuah mercusuar modern yang berdiri di tengah kota di palabuhan tua ini. Dan inilah pertama kalinya saya melihat sebuah mercusuar diantara toko-toko dan bangunan komersial lainnya, unik ya.



Setelah melihat sekeliling menara Lentera, kamipun lanjut berjalan ke sebuah lorong dengan jalan dari batu dan rumah-rumah yang cantik, terdapat beberapa rumah khas abad pertengahan dengan palang yang saling menyilang. Lalu kami sampai ke sebuah gerbang batu yang menuju ke pantai. Setelah melewati gerbang ini, lalu kami berjalan di jembatan kayu dimana kami dapat menikmati lautan Atlantik yang indah, dan di sebelah kiri pemandangan hamparan pantai Concurrece.

Plage de la Concurrence atau Pantai Concurrence adalah sebuah pantai yang cantik dengan banyak aktivitas untuk anak-anak. Tetapi sayang saat kami mulai bermain di pantai, awan kelabu mulai menghampiri dari arah lautan. Dan tidak berapa lama hujanpun turun dengan cukup deras. Maka kamipun sibuk mencari tempat berteduh dan akhirnya kembali ke mobil dan melanjutkan perjalanan kami.












Walau hanya beberapa jam di kota ini, kami sangat menikmati keindahan kota pelabuhan yang cantik ini.



Untuk menuju ke La Rochelle dari Paris naik kereta cepat (TGV) dari Gare Montparnasse. Selain kereta cepat juga terdapat kereta biasa, dan juga terdapat bus serta covoiturage. 




HAPPY TRAVELING......



4 comments:

Ribka Larasati said...

kece banget mbak.. jadi pengen ke sana

Eri Udiyawati said...

aw aw,, perlu nabung berapa lama ya, biar aku bisa jalan-jalan ke situ...

Mimi Champy said...

@Ribka Larasati Ayo mainlah sini mbak :)

Mimi Champy said...

@Eri Udiyawati Pasti bisa mbak, sekarang sdh banyak tiket pesawat promo dan datang jgn saat musim panas, kl bisa saat musim gugur atau semi pas harga lg turun.... :)