Saturday, 20 May 2017

Perancis Dan Keju-Kejunya






Saat masih di Indonesia, saya hanya mengenal satu macam keju, dengan nama Kraft, itu saja. Tetapi ketika tinggal di Perancis, saya bertemu berbagai jenis dan macam rasa keju. Bahkan president Charles De Gaulle menjuluki Perancis sebagai “Negeri 300 Keju”. Dan di dunia saat ini dikenal sekitar 700-an jenis keju, dan 300-an diantaranya merupakan keju Perancis. Jadi kita dapat merasakan satu rasa setiap hari sepanjang tahun.

Ada sesuatu tentang keju Perancis yang menggoda dan memikat semua pecinta keju. Walaupun banyak negara lain yang menghasilkan keju yang lezat, dan juga dengan berbagai rasa. Tetapi keju Perancis memiliki sesuatu yang tidak dapat dikatakan dengan kata-kata, keju otentik yang membuat masyarakatnya lebih hidup. 







Di Perancis, keju dinikmati dalam berbagai macam jenis dan rasa, dan rata-rata orang Perancis mengonsumsi 24 kg keju per tahun per orang. Perancis sendiri merupakan salah satu produsen keju terbesar selain wine. Saking cinta dan bangganya masyarakat Perancis pada keju, mereka mempunyai pepatah tentang keju:

1.    un repas sans fromage est une belle à qui il manqué un oeil.” (Suatu hidangan tanpa keju adalah seorang wanita cantik yang kehilangan satu matanya.
2.    Un repas sans fromage comme un journée sans soleil”. Sebuah hidangan tanpa keju laksana hari tanpa matahari.
3.    ‘Fromage et pain est medicine au sain’. Keju dan roti adalah obat untuk kesehatan.










Bahkan Pada tahun 2010, UNESCO memasukkan kuliner Perancis dalam daftar warisan budaya kemanusiaan non-benda, yang salah satunya mengedepankan keju Perancis. Keragaman produk keju Perancis mempunyai keunikkannya sendiri, mulai dari keju Comté sampai Beaufort atau Fourme d’Ambert, Emmentel, Camembert yang dikenal sebagai raja keju, Maroilles, Tomme de savoie, Roquefort, Blue d’avergine, Brie, dan lain-lain. Pada dasarnya pembuatan keju dibagi 3 jenis berdasarkan karakteristik daerahnya; gunung, tanah datar, dan laut.


Pada jenis keju Roquefort atau keju biru, merupakan keju Perancis yang ditumbuhi jamur. Tetapi jangan salah, meski ditumbuhi jamur, keju ini memiliki sifat anti inflamasi yang dapat menangkal penyakit jantung.




Menurut Cambridge, perusahaan biotek, ini menjadi alasan mengapa masyarakat Menara Eiffel dapat hidup sehat, mesti kerap konsumsi makanan tinggi lemak jenuh. Sebuah proses yang terjadi dalam pematang keju berkhasiat menjaga kesehatan usus, membantu arthritis, dan memperlambat penuaan.

Keju biru merupakan keju yang banyak di simpan di dalam gua. Suhu yang dingin dan lembab membuat keju banyak ditumbuhi jamur jenis Penicillium. Inilah yang membuat corak warna biru pada keju.






Penelitian yang dipimpin oleh Ivan Petyaev dan yuriy Bashmakov seperti dilansir Daily Mail, menemukan keju biru di lingkungan yang asam, seperti lapisan perut. Oleh karena itu, disarankan untuk konsumsi keju Roquefort atau keju fermentasi lainnya untuk menyeimbangkan kesehatan.

Tradisi menikmati keju membuat masyarakat Perancis menjadi negara dengan kematian terendah karena kardiovaskuler.

Jadi bagi teman-teman yang lagi ngetrip di Perancis, tidak lupa mencoba atau sebagai oleh-oleh berbagai jenis keju yang ditawarkan oleh negara seribu cahaya ini. (Baca juga keindahan kota Paris




HAPPY TRAVELING.....



 

4 comments:

Shabrina A said...

prancis memang sangat khas dengan beragam kejunya ya. Suka nulis tentang kuliner? Coba nulis di belanga.id yuk. Lagi ada kompetisi berbagi foto dan kuliner #JadiKangenIbu. Hadiahnya jutaan rupiah. Cek https://belanga.id/kangenibu/ jangan lupa follow Instagram @belangaindonesia dan like Page FB Belanga Indonesia :)

Mimi Champy said...

@Shabrina A
salah satu hobby saya adalah wisata kuliner, pengen ikutan mbak, tapi saya tdk tinggal di Indo, jd hadiahnya susah dikrim ke sini, makasih yah....

Imaniar Hanifa said...

Suka banget sama keju, tapi sayangnya belum pernah mencicipi keju biru Prancis :(

Mimi Champy said...

@Imaniar Hanifa Itu salah satu khas keju sini, si biru itu dan rasanya asin2 gimanaa gitju hi hi hi.... mungkin di supermarket yg banyak produk prancis bisa ditemukan keju biru ini?