Tuesday, 18 July 2017

Semarak perayaan Bastille Day di Paris







Tanggal 14 Juli menjadi tanggal paling bersejarah bagi seluruh warga Prancis di dunia.  Karena di tanggal itu merupakan hari di mana Revolusi Prancis pecah lebih dari 200 tahun lalu, yang dikenal dengan Bastille Dayd. Dan Perayaan itu memaknai sejarah Revolusi Prancis yang melahirkan 3 prinsip yaitu: Liberte, egalite, fraternite, yang berarti, “kebebasan, kesetaraan dan persaudaraan”. 

Bastille sendiri merupakan penjara di mana tahanan politik dipenjarakan.Pada zaman 1789, masyarakat Perancis tidak senang terhadap rezim pemerintahan Raja Louis XVI, yang ditandai dengan kelangkaan pangan dan pajak yang tinggi.Setelah berbagai kerusuhan pecah di jalanan Paris, kerumunan massa yang bersenjata mengepung penjara Bastille pada pagi hari di tanggal 14 Juli. Mereka menyerbu penjara dan seiring dengan kabar yang beredar, lahirlah Revolusi Perancis. Sistem monarki akhirnya ditinggalkan dan Raja Louis XVI dan istrinya, Ratu Marie Antoinette dieksekusi.

Sejak tahun 1790, hari itu selalu dirayakan, dan rakyat Prancis menyebut perayaan ini dengan 'Fête de la Fédération'. Di hari ini rakyat Prancis dapat menyaksikan parade militer tertua dan terbesar di Eropa digelar di pagi hari di wilayah ikonik Paris, Champs-Élysées.

Pada perayaan ini, bendera Perancis dan lagu kebangsaan menjadi simbol revolusi dan acara dilanjutkan dengan parade militer tertua dan terbesar yang dilaksanakan di salah satu tempat ikonik Paris, Champs Elysees. Sekitar 4.000 aparat militer dan polisi berpartisipasi dalam acara tersebut, yang biasanya juga dihadiri oleh presiden perancis. Dan tahun ini perayaan ini di pimpin oleh president terpilih yang baru, Emanuele Macron, dengan tamu undangan presiden Amerika Serikat, Donald Trump.

Sayangnya kami bukan tamu undangan dan dari subuh semua tempat di sekitar Champs-Élysées telah ditutup. Sehingga para penonton yg ingin menyaksikkan atraksi spektakuler ini harus ngantri begitu panjang hingga masuk ke jalanan sekitar Champs-Élysées. Penonton yang menyaksikkan acaranya begitu banyak dari berbagai penjuru dunia, begitu juga tamu undangan dan para awak media.







Dan pada malam harinya, pertunjukkan kembang api yang spektakuler di Menara Eiffel. Karena tidak mau terulang lagi seperti kejadian pada acara parade militer di Champs-Élysées, makasaya dan teman-temanpun dari sore sudah mencari tepat di depan Trocadero yang menghadap ke menara Eiffel.  
Dan sayapun terpukau dengan pertunjukkan kembang api yang begitu luar biasa ini. 

Penasaran? Yuk lihat videonya :)







HAPPY TRAVELING.....



2 comments:

Imaniar Hanifa said...

Keren dan meriah, ya!

Mimi Champy said...

@Imaniar Hanifa Iya mbak, pas lihat kembang apinya, rela deh saya nunggu dari jam 5 sore, demi kembang api yg spektakuler ini :)