Friday 11 October 2019

Mencoba Tol Jakarta – Dieng – Jogja – Semarang (Part 1)





Ketika saya dan keluarga pulang kampung ke Jakarta, saya sudah mempunyai beberapa destinasi tempat di Indonesia yang akan kami kunjungi. Dan salah satunya Yogyakarta. Tetapi atas saran kakakku kenapa tidak sekalian ke Dieng dengan mobil ? Nah sayapun jadi tertarik, karena belum pernah naik mobil ke wilayah Jawa tengah. Tetapi sekarang dengan adanya jalan tol yang menghubungkan Jakarta dengan jawa tengah dan timur, maka sayapun ingin mencobanya.

Kami sekeluarga yang berjumlah 9 orang, dengan 2 anak kecil, menyewa Toyota Avanza 8 seat. Kamipun mencari jalur-jalur yang ditawarkan untuk menuju ke Dieng. Ada 3 jalur pilihan yang bisa ditempuh dari Jakarta ke Dieng yang bisa digunakan sebagai referensi, yaitu ; jalur Tengah, Jalur selatan dan Jalur Utara.

Jalur Tengah
Jalur tengah itu diakrabi masyarakat, terutama awak truk sayur dari Dieng ke Jakarta, setelah diresmikannya tol Cikopo-Palimanan (Cipali).
Jalur tengah yang dimaksud adalah Jakarta-Tol Cikampek-Tol Cipali (Cikopo-Palimanan)-Pejagan-Prupuk-Bumiayu-Ajibarang-Purwokerto-Purbalingga-Banjarnegara-Wonosobo-Dieng. "Sebelum ada tol Cipali, jarak tempuh Jakarta-Dieng sekitar 13 jam. Setelah ada tol Cipali, Dieng-Jakarta sekitar 10 jam," Dan kami menempuhnya dalam waktu 8 jam, tetapi karena tersesat sewaktu keluar dari tol di Ajibarang, sehingga kami habiskan 1,5 jam kembali ke jalan tol lagi.
Jalur Tengah ialah sebutan jalur yang berada di antara jalur selatan dan jalur utara dari Jakarta menuju Dieng Plateau atau wilayah Jawa. Jalur tengah ini menjadi jalur tercepat dari Jakarta menuju Dieng dengan banyak rute alternatif yang digunakan orang – orang Jakarta saat ingin pergi berwisata ke Dieng. Jalur tengah mulai menjadi jalur favorit dan ramai dilalui para wisatawan dari Jakarta ke Dieng sejak diresmikannya jalan tol Cikopo-Palimanan yang terkenal dengan sebutan jaln tol Cipali.

Tol cipali (Cikopo-Palimanan) membentang sepanjang 116 km sehingga bisa mempercepat gerak laju kendaraan wisatawan dari Jakarta yang ingin menuju ke Dieng Plateau. Sebelum tol ini diresmikan, perjalanan Jakarta-Dieng kurang lebih 13 hingga 14 jam dan kini setelah diresmikannya jalan tol Cipali perjalanan Jakarta-Dieng dengan menggunakan jalur tengah hanya kurang lebih 8-10 jam perjalanan saja dengan catatan kondisi jalan lancar dan berapa kecepatan kendaraan.

Jalur Utara
Jalur utara terkenal akan sebutan jalur pantura yaitu jalur yang melewati sepanjang pantai utara juga menjadi salah satu pilihan para wisatawan dari Jakarta menuju ke Dieng Plateau. Jalur ini memang merupakan jalur terkenal yang menjadikan wisatawan lebih mantap menggunakan jalur pantura. Waktu tempuh Jakarta ke Dieng menggunakan jalur utara atau pantura kurang lebih 9-10 jam perjalanan dan hampir sama bila memilih menggunakan jalur tengah. Hanya saja bila melewati jalur utara ada sebagaian tempat yang memang memiliki jalan berbukit-bukit bahkan banyak adanya tikungan tajam selepas melewati pekalongan (jalan pantura) dan jalurnya lebih sempit serta sepi.
Berikut ini rute jalur utara dari Jakarta ke Dieng


  • Jakarta – Tol Cikampek – Tol Cipali – Tol Plumbon – Tol Palikanci – Keluar jalan tol menuju arah Brebes – Tegal – Pekalongan – Kajen – Keluar jalur pantura di daerah Kajen menuju ke Kalibening – Wanayasa – Batur – Dieng Plateau.


Jalur Selatan
Jalur alternatif dari Jakarta menuju ke Dieng dapat menggunakan juga Jalur Selatan. Jalur Selatan dari Jakarta ini memang jarang dilewati oleh para wisatawan yang ingin ke Dieng. Tapi apa salahnya mengupas semua jalur yang bisa digunakan sebagai jalur alternatif dari Jakarta menuju Dieng. Lama perjalanan yang ditempuh bila melewati jalur selatan dari Jakarta ke Dieng kurang lebih selama 10-12 jam perjalananan. Bila dari arah Jakarta jalur selatan ini mengarahkan Anda menuju Bandung terlebih dahulu. Jalur ini bisa digunakan sebagai alternatif bila ada anggota keluarga atau rekan yang tinggal di Bandung dan ingin pergi berlibur bersama ke Dieng, jadi Anda tidak harus memutar laju kendaraan menuju Jakarta kembali dan bisa langsung menggunakan jalur selatan ini.
Rute jalur selatan dari Jakarta ke Dieng Plateau


  • Jakarta – Bandung – Rancaekek – Slawi – Ciamis – Banjar patroman – Majenang – Buntu – Banyumas – Banjarnegara – Wonosobo – Dieng Plateau.


Nah itulah 3 jalur atau rute yang di bisa dipilih saat menuju ke Dieng ataupun ke wilayah tengah dan timur serta daerah lain di Jawa. Dan sayapun merasakan enaknya lewat jalan tol ini seperti saya berkeliling di negara Prancis dengan kendaraan pribadi.

Cerita perjalanan seru kami to be continue di 
Jakarta - Dieng - Jogja - Semarang (Part 2)







HAPPY TRAVELING....





No comments: