Thursday 28 May 2020

Ada Loh Kota di Norwegia Hanya Satu Huruf Saja, "Å"




Kepulauan Lofoten di Nordland adalah salah satu tempat paling indah di dunia. Dengan bentuk kepulauan yang menjorok vertical ke laut Norwegia 100 mil sebelah utara Laut Arktik. Setiap tahun wisatawan berduyun-duyun ke Lofoten untuk  mendaki gunung-gunungnya, mengagumi desa-desa nelayan dengan bangunan merahnya yang unik, menikmati 24 jam sinar matahari di musim panas, dan mengejar Aurora Borealis di musim dingin.

Ketika Kunjungan saya ke  Norwegia untuk yang ketiga kalinya, sayapun menyempatkan diri mengunjungi sebuah kota kecil di ujung selatan kepulauan Lofoten. Sebuah desa nelayan yang hanya bernama satu huruf saja,  yang berpenduduk 150 orang bernama Å (dilafalkan O).




Å  adalah sebuah desa di Moskenes Minicipality di Nordland County, sekitar 2 km barat daya desa Sørvågen di pulau Moskenesøya.  Desa kecil ini merupakan penghasil stok ikan cod  sejak dulu, tetapi sejak 1990-an pariwisata mengambil alih sebagai kegiatan ekonomi utama. Kota ini memiliki museum ikan Lofoten dan museum nelayan Norwegia sebagai dua tempat wisata yang sering dikunjungi.



 ikan kod yang dijemur

 
Nama Å bukanlah singkatan atau kepanjangan suatu nama, ataupun sengaja diberikan sebagai publisitas; Å adalah kata dari bahasa lama Norwegia untuk ‘sungai kecil’. Karena keunikkannya, tanda jalan ‘Å’ sering dicuri oleh orang iseng sehingga kota menggantinya dengan yang bertuliskan "Å i Lofoten,". Tetapi setelah keluhan warga local, tanda satu huruf asli tetap dipergunakan.


 Tanda jalan yang sering dicuri



 Untuk mencapai desa ini bisa dengan mobil pribadi ataupun bus dari Harstad.






HAPPY TRAVELING.....





2 comments:

Anik's Blog said...

Ada-ada aja ya tanda jalan dicuri hehe. Aku baru tahu info ini sih, makasih udah share.

Diary si kepik said...

@Anik's Blog iya krn uniknya kadang para pelancong suka menyomot buat suvenir.... Makasih udah mampir yah. :)