Monday 22 December 2014

Istana Dari Negeri Dongeng Memang Ada




Foto dr internet


Ketika dalam perjalanan menuju ke Munich, kami menyempatkan diri mengunjungi Schloss Neuschwanstein/ kastil Neuschwanstein, yang terletak di pegunungan antara Hohenschwangau dan Füssen di Bayern barat daya, Jerman, dari jauh saya sudah melihat keindahan kastil ini yang seperti logo Disney atau kastil dalam cerita dongeng Cinderella atau Sleeping Beauty. Ketika sampai di parkiran mobil yang terletak di desa Hohenschwangau, perjalanan dapat dilanjutkan dengan jalan kaki, naik kereta kuda atau bus untuk sampai ke kastil ini, karena kastil ini terletak di puncak pegunungan, dengan jalan yang menanjak. Tetapi sayang, karena kami datang terlambat, pintu jalan yang menuju ke puncak dimana terletak kastil ini sudah di tutup, jadi kamipun tidak melihat lebih dekat dan masuk ke dalam kastil berwarna putih yang spektakuler ini. Dan juga sedang ada perbaikkan di beberapa bagian kastil ini, sehingga ada sebagian dari bangunan ditutup plastik. 



 Pemandangan ketika di jalan yg menanjak

 

Sedikit cerita kastil Neuschwanstein; Kastil ini adalah salah salah satu karya fantastik dari raja Konig Ludwig II von Bayern, selain Herrenchiemsee Palace yang merupakan replika dari Istana Versailles (Perancis), Linderhof Castle yang bergaya neo-France Rococo. Raja Ludwig dikenal sebagai King Swan atau Märchenkönig yang berarti raja dongeng, dimana ia tidak tertarik pada ilmu politik dan pemerintahan tetapi lebih ke seni teater, puisi, sastra dan hal-hal yang bersifat seni. Pada umur 18 tahun ia menjadi raja Bavaria dan tetap lebih cinta pada seni daripada pemerintahan, dan iapun merealisasikan impiannya membangun bangunan-bangunan dalam fantasinya, dan salah satunya kastil Neuschwanstein ini, yang menghabiskan biaya yang besar kurun waktu 17 tahun, dan sebelum selesai pembangunan kastil ini, ia ditemukan tewas di Danau Starnberg secara misterius sehari setelah dipaksa turun tahta karena dianggap gila. Raja Ludwig hanya tinggal 170 hari di kastil Neuschwanstein sebelum meninggal pada umur 40 tahun.



 Pemandangan dr jalan raya



Danau Alpsee



Tidak jauh dari kastil Neuschwanstein terdapat kastil Schwanstein, yang dibangun oleh raja Maximilian II, ayah dari raja Ludwig II, diatas bekas reruntuhan yang ia beli pada tahun 1832. Istana neo-gotik yang nyaman ini menjadi kediaman keluarga raja pada musim panas, dan anaknya yang sulung, Ludwig, menghabiskan masa kanak-kanaknya di sini. Dan di istana inilah Ludwig mengawasi pekerjaan kastil Neuschwanstein impiannya.



kastil Schwanstein



 Denah jalan ke kastil dan sekitar


Setelah itu kamipun melanjutkan perjalanan menuju ke Munich yang melewati pedesaan dengan pemandangan ladang dan pegunungan yang tertutup salju, dengan rumah-rumah khas Bavaria yang indah, sungguh suatu suguhan yang menawan dalam perjalanan kami.



 Pemandangan ketika menuju ke arah kastil Neuschwanstein



 Pemandangan ketika menuju ke arah Munich


Untuk sampai ke kastil Neuschwanstein selain kendaraan pribadi adalah dengan naik kereta api dari Munich dengan tujuan Füssen, lama perjalanan 2-3 jam, setelah tiba di Füssen , carilah bis no. 73 dengan tujuan Steingaden/ garnisch-Partenkirchen atau bis no.78 dengan tujuan Schwangau. Turunlah di halte Hohenschwangau/ Alpseestraße. Harga tiket bis standart rata-rata 1.5-3 Euro.




No comments: