Wednesday 6 January 2016

Antara Airbnb Dan Booking dot com



Bagi para traveller atau yang sering jalan-jalan dengan membuat itinerary sendiri pasti sudah paham tentang reservasi hotel lewat internet. Dan ada begitu banyak situs hotel online yang ditawarkan di dunia maya.



Salah satunya yang sering kami pergunakan selama ini adalah Booking dot com, dimana hotel atau bahkan apartemen hotel yang ditawarkan begitu beragam, dari harga selangit hingga dompet backpacker. Selama kami menggunakan situs ini, tidak pernah ada masalah, baik dalam pembayaran maupun dalam check in. Dan satu yang saya suka dari Booking dot com adalah pembayarannya setelah tamu check in. 
Dan salah satu apartemen hotel yang pernah kami gunakan adalah 'Apartments Bridgestreet Le Marais'.



 Apartments Bridgestreet Le Marais di Paris yg kami reservasi dr Booking.com
 



Nah kali ini ketika kami mengunjungi Paris, kamipun mencoba reservasi di Airbnb.

Antara Airbnb dan Booking dot com tidaklah sama.
Airbnb adalah sebuah online market bagi orang-orang yang ingin menyewa dan menyewakan kamar pribadi, apartemen, ataupun rumahnya. Rata-rata mereka menyewakan rumahnya secara harian seperti kamar hotel. Bagi pemilik kamar, apartemen ataupun rumah, ini bisa jadi penghasilan tambahan. Dan bagi penyewa ini bisa menjadi salah satu alternatif untuk mendapatkan harga lebih murah dibanding hotel dengan lokasi yang sama dan juga bisa merasakan pengalaman kehidupan orang lokal.



Saya sering ditanya manakah yang lebih baik dan lebih murah? Menurut saya semua tergantung tempat dan juga negara. Bila negara atau kota yang dikunjungi adalah negara yang mahal seperti di Eropa, maka Airbnb recomended banget, karena hotel-hotel di negara Eropa lumayan mahal, termasuk Singapura yang terletak di Asia Tenggara. 
Nah bagi negara-negara Asia seperti Vietnam, Thailandn atau Malaysia, akomodasi hotelnya sudah cukup murah. Rata-rata akomodasi Airbnb punya fasilitas memasak seperti dapur, mesin cuci serta lebih luas dibandingkan kamar hotel, jadi cukup menghemat dibandingkan makan di restaurant, apalagi bila tinggal hingga seminggu. Tetapi di Booking dot com terdapat juga apartemen hotel dengan fasilitas dapur, mesin cuci, dan juga luas.



Bagi teman-teman yang ingin reservasi Airbnb ataupun Booking dot com, untuk bisa dapatkan tempat yang diinginkan dan tidak kecewa, harap baca setiap komen penyewa yang sudah pernah menggunakannya, apakah lebih banyak yang positif atau negatif.



Kelebihan Booking dot com adalah bayar belakangan, yaitu pada pada saat check in, sedangkan Airbnb diharuskan bayar duluan. Jadi kalau jadwal belum pasti atau berubah itinerary, cukup risky juga.



Dan kelebihan Airbnb adalah saat teman-teman kita membuat account di Airbnb atas undangan kita, maka kita akan mendapatkan kredit dengan jumlah sekian, dan kredit itu akan langsung dipotong saat kita reservasi hotel, kamar atau apartemen. Jadi dari total harga hotel sekian, kita akan dapat diskon sebesar kredit yang kita dapat, lumayan bukan? Dan kredit itu berlaku disemua negara di dunia.



Dan inilah penampakkan tempat kami menginap di Paris dengan 2 anak kami. kami menginap di 'Charming Studio with view on park' yang kami reservasi lewat AirBnB, apartemen cozy, bersih, dan fasilitas lengkap layaknya seperti dirumah sendiri. 





 
'Charming Studio with view on park' di Paris yg kami reservasi dr Airbnb




Jadi bagaimana menurut kalian? Mana yang lebih menarik bagi anda? Bila ada yang ingin ditanyakan, silahkan tinggalkan komentar di kolom komentar ya.... 

Salam Travelling....




2 comments:

Susy Barrat said...

Gw masih belum pake airbnb, selain kudu bayar di muka dulu (kalo cancel duit di potong dan baliknya lama, males banget kan.. ) juga karena kadang pemilik nya balasnya kelamaan. Sering juga fully book.gw lebih suka booking. Com .. Happy travelling ya...

Diary si kepik said...

@Susy Barrat

Iya dan satu juga di Airbnb, kadang pemilik suka membatalkan di detik2 dekat keberangkatan karena dia mau gunakan rumahnya atau hal dadakan yg penting... makanya saya saya selalu baca komen org yg sudah pernah gunakan spy kita tahu.