Monday, 7 November 2016

Menikmati Keindahan Musim Gugur








Musim panas telah berlalu, saatnya masuk musim gugur di negara Eropa, yang dimulai dari 21 September-21 Desember. Sebagai Orang Indonesia yang tinggal di Eropa, inilah salah satu musim dari empat musim yang paling kusuka. Saat dedaunan mulai berubah warna, dan satu per satu daun-daun mulai berguguran, Dan pada saat yang bersamaan ada rasa sedih juga. Karena Malam mulai lebih panjang, udara dingin mulai menusuk dan bajupun mulai menebal, alias beberapa lapis. Tetapi keindahan alam dengan berbagai warna yang dihadirkan alam sungguh mengubah rasa sedih itu menjadi keceriaan.





 

Bagi teman-teman travelers, inilah salah satu musim yang cukup bagus untuk ngetrip, karena harga tiket dan hotel yang lebih murah daripada di musim panas, serta cuacapun tidak sedingin dimusim dingin. Dan bagi yang suka photography, inilah saatnya pesta jepretan, karena perubahan warna alam yang indah. 

Selain itu di negara Perancis, tempat dimana saya tinggal, musim gugur adalah saatnya panen anggur untuk diolah menjadi wine atau minuman anggur. Siapapun boleh kerja paruh waktu memetik anggur, banyak orang Prancis ataupun pendatang, dan bahkan para travelerspun memanfaatkan kesempatan ini, dan bayarannyapun lumayan. 




Dan di akhir bulan Oktober, saat pesta Halloween, kita dengan mudah menemukan buah labu yang dijual untuk dekorasi Halloween. Dan tidak ketinggalan anak-anak di Perancis dengan berbagai baju ala Halloween mendatangi rumah-rumah untuk meminta permen, dengan yel yel “farce ou friandise! (trick or treat!)”.




Dan musim gugur juga merupakan musim panen berbagai kacang-kacangan yang dengan mudah dapat kita temukan di hutan maupun di pinggir jalan. Salah satu yang paling saya dan keluarga sukai adalah memungut chรขtaigne/ chestnuts/ kastanye. Hasil dari panen kastanye ini dapat dijadikan berbagai masakan dan cake. Adapun terdapat dua jenis kastanye, yang dapat dimakan dan tidak, silahkan klik sini untuk infonya.






Beberapa info tentang musim gugur :

Mengapa daun berubah warna di musim gugur? 
Daun berwarna hijau karena ditutupi butiran klorofil, diwaktu musim gugur dengan siang hari yang lebih pendek menyebabkant banyak klorofil yang mati. Dan klorofil yang terurai ini menyebabkan warna kuning dan merah menonjol. Ada daun yang berubah merah, karena glukosa yang terjebak di daun. Dan ada yang berwarna coklat, ini dari limbah yang tersisa di daun. 


Kenapa daun harus gugur? 
Pada musim dingin dengan cahaya dan air yang sangat sedikit untuk berfotosintetis, maka pohon-pohon akan beristirahat, dan hidup dari makanan yang mereka simpan selama musim panas. Daun-daunpun mulai gugur, dengan proses ini pohon menghemat air dan energi selama musim dingin. Musim gugur adalah proses daur ulang. Semua kembali ke tanah. Daun-daun yang jatuh ke tanah akan menjadi pupuk yang baik pada musim semi berikutnya.








Inilah beberapa alasan musim gugur yang selalu kusukai….

 


 HAPPY TRAVELING.......




No comments: