Monday 16 January 2017

Galette Des Rois, Tradisi Unik di Perancis Menikmati Kue Raja Yang Berisi Kejutan







Di Perancis terdapat banyak sekali tradisi, dan salah satunya adalah tradisi makan Galette des Rois atau King’s cake atau kue raja. Tradisi ini jatuh pada tanggal 06 Januari. Dan setiap keluarga akan membuat atau membeli tart ini dan memotongnya dan membagikan ke seluruh keluarga dan makan bersama-sama.

Keunikkan dari tart raja adalah, didalam tart tersebut tersembunyi sebuah patung keramik kecil dengan berbagai bentuk, ada yang berbentuk binatang, mobil-mobilan, orang-orangan, ataupun berbagai figur dari film animasi seperti Asterix, dan animasi dari Walt Disney. Dan bagi siapa yang menemukan patung kecil itu saat memakan kue tart tersebut, maka ia akan mendapatkan mahkota dan menjadi raja/ ratu.  Inilah satu-satunya tart yang bisa membuat anda merasa seperti seorang raja. Adapun mahkota ini sudah menjadi satu paket saat membeli tart raja ini


 


Adapun tart ini terbuat dari puff pastry yang diisi dengan frangipane, yaitu cream yang terbuat dari almond manis, mentega, telor dan gula. Tetapi seiring berkembangnya jaman, maka isian tart inipun jadi beragam, ada apel, coklat atau buah manisan lainnya.








Dan setiap kali kami sekeluarga memakan tart ini, selalu seru saat menunggu siapakah yang mendapatkan patung yang tersembunyi di dalam tart tersebut dan akhirnya mendapatkan mahkota. Dan anak-anakku selalu cepet-cepetan menghabiskan tart mereka, untuk melihat apakah terdapat patung kecil di dalamnya atau tidak.


Perayaan Galette des Roi ini adalah untuk merayakan tiga orang bijak yang berkunjung ke Bethlehem saat kelahiran Yesus Kristus atau nabi Isa AS, dan memberikan hadiah bagi kelahiranNya.  Awalnya bukanlah patung kecil yang tersembunyi di dalam setiap galette des rois ini, tetapi kacang merah. Dan pada abad pertengahan, kacang merahpun diganti dengan patung keramik kecil. 



HAPPY TRAVELING....





No comments: