Tuesday, 10 October 2017

Mengenal Lebih Dekat Leonardo da Vinci di Chateau Clos Lucé







Siapa yang tidak kenal Leonardo da Vinci (15 April 1452 – 2 May 1519 ), seorang pelukis, penemu dan seniman dari Italia yang melegenda itu.  Dan selama 3 tahun terakhir hidupnya, ia menetap dan berkarya di chateau atau kastil Clos Lucé di wilayah Ambois, 226 km dari kota Paris, atas undangan raja Perancis, François I.

Di kastil inilah ia bekerja pada semua hal yang menurutnya menarik, seperti melukis, arsitek, ilmu pengetahuan, ilmu tumbuh-tumbuhan, ilmu anatomi, dan lain-lain. Leonardo tertarik dalam segala hal, kemudian melakukan percobaan, mengsketsanya, dan menganalisa segala sesuatu dengan menggunakan ketelitian yang matematis.

Karena kejeniusan dan pengetahuannya yang luar biasa, raja François I-pun sangat terpesona, dan ia menunjuk Leonardo da Vinci sebagai ‘pelukis pertama, insinyur, dan arsitek’ pada masa itu. Dan ia diberikan akomodasi di Clos Lucé juga tunjungan uang serta sejumlah pembantu.





Dan kini para wisatawan dapat menyaksikan hasil karya Leonardo da Vinci selama ia menetap di Clos Lucé. Di sini kita dapat melihat kamar tidur Leonardo, dapur, ruang kerja, laboratorium, dan ruangan lainnya. Di ruang kerja Leonardolah yang menjadi pusat perhatian para pengunjung,  untuk melihat hasil karyanya yang begitu jenius. Hampir semua pemikiran dan karya Leonardo telah dipemikirannya sebelum benda tersebut diciptakan. Seperti sepeda, tank, mobil, parasut, jembatan dua tingkat, helicopter, gambar anatomi manusia, Meriam, dan lain-lain yang begitu mengagumkan.











Dan di taman Leonardo, sebuah taman yang tersusun begitu apik dan indah, 20 pemikiran dan karya Leonardo direalisasikan dengan model bahan dari kayu. Taman menjadi sebuah taman penemuan yang begitu seru bagi anak-anak dan dewasa. Di sini kita akan menemukan jembatan dua tingkat, jembatan gerak, tank, kincir air besar, machine gun, perahu pedal, 40 kanvas lukisan besar, sistem air, parasut, dan lain-lain. Dan bila ingin istirahat sambil menikmati makanan, terdapat tempat piknik juga restoran dengan taman yang cantik.  










Video lengkapnya dapat lihat di sini:








Oh iya untuk menuju ke sini dari Paris :



Paris Montparnasse : St Pierre des Corps in 55 minutes by TGV fast train (the station is 20 km from Amboise, connection possible by local train or by road)


Paris Austerlitz : Amboise direct in 2 hours (Amboise TER - Loire Valley station is 2 km from Le Clos Lucé)


All year, a bus service provides connections between the station and Amboise town centre.
The Château du Clos Lucé is located 300m on foot from the town centre.
 

 









2 comments:

April Hamsa said...

Huwaaa senangnya bisa ke tempat dimana seorang jenius mengembangkan ilmu pengetahuan.
Enggak hanya museum ya, tapi danau dan tamannya bisa buat berwisata juga :D
TFS ceritanya :)

Mimi Champy said...

@April Hamsa Iya mbak, dan semua anak2 yg ke sini tdk hanya bermain tapi dpt ilmu dan sejarah. Wisata edukasi yg disenangi anak2 :). Terima kasih udah mampir yah mbak :)