Friday 6 October 2017

Produk Asia dan Indonesia di Supermarket Kota Paris







Sebagai orang Indonesia yang hidup jauh dari tanah air, selain keluarga dan teman-teman, makanan dan masakan Indonesia menjadi hal yang paling dirindukan. Seperti nasi goreng, tempe, durian, sate ayam, gado-gado, rujak buah, hingga sambel menjadi sebuah harta karun bagi masyarakat Indonesia yang tinggal di Eropa.

Dan ada beberapa toko Indonesia di Jerman, Belanda dan Inggris yang bisa mengirim produk mereka ke berbagai negara di Eropa, tentu saja dengan ongkos kirim yang lumayan.

Nah bagi masyarakat Indonesia yang menetap di kota-kota besar di Perancis, terdapat beberapa toko Asia yang menjual produk Indonesia, seperti di kota Paris







Toko Asia  yang menjual produk Asia di kota Paris seperti:

Tang Frere, Paris Store, Continental yang terdapat di 13 arrondissement, Di sini terdapat buah manggis, durian, nangka, bengkuang, dan beberapa buah yang sudah tidak asing bagi saya. Dan kadang kita juga bisa temukan Indomie, tetapi dengan rasa yang masih terbatas.
Metro line 7, turun di porte d’Ivry
Alamat Tang Frere: 48 Avenue d'Ivry, 75013 Paris
Paris Store : 44 Avenue d'Ivry, 75013 Paris

Selain di Paris 13, ada pula supermarket India, Gopal. Dulu supermarket ini menjual Indomie, tetapi sekarang sudah tidak ada lagi.
Dekat Metro La Chapelle, metro line 2
Alamat : 72 Rue Louis Blanc, 75010 Paris
Selasa-Minggu 10.00 - 20.30

DI Kantin KBRI yang juga menjual berbagai produk Indonesia, dan juga masakan siap saji yang dimasak oleh warga Indonesia di Paris. Sayangnya di sini tidak terdapat produk segar seperti sayuran dan buah-buahan.
Metro line 9 turun di La Muette.
Alamat: Kedutaan Besar Indonesia di Paris
47 Rue Cortambert, 75116 Paris

Nah ini salah satu supermarket kesukaan saya, Wing Seng, yang terdapat di Belleville.
Di supermarket ini kita dapat menemukan tempe, kecap manis dan kecap asin ABC, serta Indomie dengan berbagai rasa.
Metro line 2, turun di Belleville
Alamat: 2 Rue Rebeval, 75019 Paris

Selain itu, terdapat beberapa orang Indonesia yang menjual produk  dan bumbu Indonesia, serta masakan Indonesia.  





Jadi walau tinggal jauh dari tanah air, sekarang sayapun dapat tetap memasak berbagai masakan Indonesia serta mencicipi buah-buahan yang sering saya makan saat berada di tanah air.

Dan bagi teman2 yang sedang ngetrip di kota Paris, mungkin ini bisa membantu untuk mencari Indomie atau bahkan makanan Indonesia di kantin KBRI atau toko Asia di Paris.



Video Lengkap bisa lihat di sini:







HAPPY TRAVELING....


No comments: